Selasa, Juli 15, 2008

Cara Install Zeos

Zeos merupakan komponen koneksi yang menghubungkan Delphi dengan beberapa database, diantaranya MySQL, PostgreSQL, Firebird dan lain-lain. Karena komponen ini sifatnya bukan bawaan Delphi, maka agar dapat menggunakannya, anda harus menginstallnya terlebih dahulu.

Karena proses instalasi Zeos ini cukup rumit(berdasarkan atas pertanyaan beberapa teman saya yang kesulitan dan tidak berhasil menginstallnya), maka disini saya menuliskan langkah-langkah menginstall Zeos berdasarkan pengalaman yang saya alami.

Langkah-langkah menginstall Zeos :

  1. Pada master Zeos, buka folder Packages >> pilih versi delphi yang sesuai, cari file ZeosDbo.bpg(Borland Project Group) dan double klik.
  2. Compile dengan cara : Menu Project >> Compile All Project
  3. Install dengan cara : klik menu run/F9 (Jika ada error, abaikan saja)
  4. Close all project
  5. Buka file ZComponentDesign.dpk(Delphi Package) yang terdapat pada folder yang sama dengan ZeosDbo.bpg, lalu compile, setelah itu install.
  6. Copy semua file *.dcu yang ada pada folder build yang ada pada folder yang sama dengan ZeosDbo.bpg, ke program files >> Borland >> Delphi7(sesuai versi delphi) >> Lib
  7. Jika database yang digunakan MYSQL, Copy semua file *.dll yang ada pada folder Lib >> MySQL yang ada pada folder master Zeos ini, ke C:\\Windows\System atau System32.

Semoga berhasil.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba' Adeisti, mba' memang manis(nyontek komentarnya orang di shoutbox-nya mba'). Salam kenal. Terimakasih posting tutorialnya. Saya jadikan referensi di blog saya.
Makasih...

Euis Marlina mengatakan...

Sama2 mas Joko, terima kasih juga telah menambahkan link ke blog saya dari blog nya mas Joko.

Yuda mengatakan...

Tolong pencerahannya...!
Saya sudah bikin program delhpi dengan database bawaanya namun setelah pindah komputer program tersebut tidak jalan bahkan setelah delphinya juga saya install.

Error yang muncul kira-2 seperti ini : File projecc_1 not raise exception. Path and file not found..!

Terima kasih sebelumnya.

Anonim mengatakan...

Makasih artikelnya!
Alhamdulillah yah, 'sesuatu' bgt :)

Anonim mengatakan...

kok pas di ran keluar file not found

Ayo Peka! Stop Pembalut Sekali Pakai

  “Saya paling tak suka kalau pegiat lingkungan berteriak betapa sulitnya mengelola sampah pembalut tapi dia sendiri tetap memakainya!“ *** ...