Kamis, Mei 08, 2008

Membuat Browser Query Dengan Delphi

Halo delphier semua, kali ini kita akan belajar membuat aplikasi browser query di Delphi, dimana kita dapat mengetikkan sintak query, mengeksekusi dan menampilkan hasil query pada dbgrid. Seperti biasa, kita menggunakan komponen koneksi ke database MySQL-nya dengan MySQLDAC.

Baiklah, kita mulai saja belajarnya. Kita membutuhkan komponen Memo, dbgrid, dua buah button, MySQLDatabase, MySQLQuery, dan datasource. Desain tampilan form seperti berikut ini.



Setelah desain form, anda buat sebuah contoh database dan tabel di MySQL. Misalnya database dengan nama db_latih dan tabel dengan nama tb_kota. Tabel tb_kota terdiri dari 2 field yaitu kd_kota dan kota. Silahkan anda isi datanya sesuai yang anda inginkan.

Seperti pada latihan sebelumnya, silahkan anda seting koneksi database, query, datasource dan dbgrid-nya. Pada tombol keluar anda ketikan kode program close, dan pada tombol execute, ketikan kode berikut.

procedure TForm1.ExecuteClick(Sender: TObject);
begin
with mySQLQuery1 do
begin
Close;
SQL.Clear;
SQL.Add(MemoQuery.Text);
Open;
end;
end;

Simpan dan jalankan program.

4 komentar:

Arif.Ust mengatakan...

Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://arifust.web.id
terima kasih banyak.

BaGaZz KiMi mengatakan...

Lam kenal..

kalo saya ga pake memo gmn?, jadi saya pakenya SQLQuery yg ada di dbExpress bukan MySqlQuery

nah pas disini

Close;
SQL.Clear;
"SQL.Add(Memo..Text);"
Open;

yag "" di ganti apa?

BaGaZz KiMi mengatakan...

Lam kenal..

kalo saya ga pake memo gmn?, jadi saya pakenya SQLQuery yg ada di dbExpress bukan MySqlQuery

nah pas disini

Close;
SQL.Clear;
"SQL.Add(Memo..Text);"
Open;

yag "" di ganti apa?

Anonim mengatakan...

mw tanya nich
kLo mengeksekusi tiap field yang ad di DBGrid caranya gimana y?
thankz b4..

Ayo Peka! Stop Pembalut Sekali Pakai

  “Saya paling tak suka kalau pegiat lingkungan berteriak betapa sulitnya mengelola sampah pembalut tapi dia sendiri tetap memakainya!“ *** ...