Sabtu, April 05, 2008

Koneksi database Delphi-MySQL

Bagi anda, programmer Delphi pemula atau yang baru mau belajar membuat aplikasi database dengan menggunakan MySQL sebagai server databasenya, saya punya tips dalam hal memilih jenis komponen untuk koneksinya.

Berdasarkan pengalaman saya ketika pertama kali harus membuat aplikasi database dengan menggunakan database server MySQL, saat itu saya diberi tahu teman bahwa ada komponen untuk koneksi yang mudah dalam melakukan setingnya dan bersifat direct access yaitu MySQLDAC (a member of microOLAP). Benar saja, waktu itu saya langsung menggunakannya, dan saya merasakan kemudahannya. Sebelumnya saya pernah menggunakan ODBC untuk koneksi ke MS. Access, ADO untuk MSSQL Server, MS. Acces dan MS. Excel serta BDE untuk MySQL. Namun dari semua itu, saya merasakan MySQLDAC lah yang paling mudah menggunakannya, sekalipun pemula.

Selain MySQLDAC, anda juga bisa menggunakan komponen koneksi yang sejenis direct access yatu Zeos. Namun, saya mengalami kesulitan ketika pertama kali menginstall komponen Zeos. Beberapa kali saya tidak berhasil. Sampai akhirnya saya tanya dan cari di beberapa milis cara instalasinya, dan akhirnya berhasil.

Zeos sama mudahnya dengan MySQLDAC. Anda hanya menseting host, user, nama database dan password databasenya. Pengguna Zeos sepertinya lebih banyak dibandingkan MySQLDAC, karena gratis. Ini terbukti ketika saya search di google dengan kata kunci MySQLDAC, halaman dalam bahasa Indonesia hanya satu dua yang tampil. Beda dengan Zeos, yang menampilkan lebih banyak tulisan berbahasa Indonesia. Dan di beberapa milis Delphi pun, banyak yang mengungkapkan bahwa Zoes lebih stabil. Walaupun saya belum membandingkannya, karena sudah terlanjur cinta dengan MySQLDAC.

Ada satu perbedaan antara Zeos dan MySQLDAC, yaitu MySQLDAC tidak perlu libmysql.dll dan file *.dll sejenisnya, sedangkan Zeos memerlukannya. Ketika anda menginstallkan aplikasi database Delphi anda yang menggunakan Zeos di komputer klien yang tidak ada server MySQL nya, maka anda harus meng-copykan file *.dll MySQL tadi ke C:\windows\system\ atau C:\windows\\system32, sedangkan aplikasi yang menggunakan MySQLDAC, tidak perlu. Jadi sangat mudah, anda cuma menginstall aplikasi Delphi anda saja.

Sekarang anda tinggal pilih jenis komponen koneksi mana yang akan anda gunakan. Semoga bermanfaat.

17 komentar:

yaufani adam mengatakan...

klo saya pake dbexpress mbak :)

kebetulan buku yg saya beli nyediain libmysql.dll yg tinggal saya kopi ke c:windows\system aj

makasih ya sarannya :)

salam kenal;

Euis Marlina mengatakan...

Salam kenal juga mas Yaufani Adam, terima kasih telah mampir ke blog saya.

Memang kalau soal koneksi, mungkin gmn kebiasaan pakainya aja. Tapi tidak ada salahnya kita mencoba jenis koneksi yang baru.

Anonim mengatakan...

srry ni lain topik tp kolo ba' bis bantu aq amat brtrmkasih :-)
aq make odbc 3.51 tapi saya masih bingung soalnya data base saya ada di komputer server
saya dah ganti localhost dengan computer name ( ip )dari server tetap g' bisa konek. keluar pesan
"request returned with sql_error"
gimana tuh? please tolongin!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
ni program harus selesai minggu ini

Euis Marlina mengatakan...

To Anonim,

Sudah dipastikan antara client dengan servernya dalam satu jaringan, dan jaringannya OK ? Kalau IP servernya sudah benar, cek juga user dan password database servernya sudah benar belum ?

Yuda mengatakan...

Saya sudah memnuat program dengan menggunakan database bawaan delphi, kemudian saya buat installernya namun program tersebut tidak jalan di komputer lain kecuali harus diinstall bersama delphinya.

Gimana caranya agar program yang saya buat dapat diinstal dikomputer lain tanpa harus install delphi dikomputer tersebut. Terimamkasih.

Euis Marlina mengatakan...

Kalau ingin didistribusikan ke komputer lain, usahakan databasenya jangan menggunakan yg bawaan delphi. Tapi coba pakai MS. Access atau MySQL yang paling mudahnya.

Anonim mengatakan...

mbak,kalo lewat satu jaringan aku dah bisa koneksinya..MM, kalo aku mau ngakses mySQL lewat internet gmn mbak? kok koneksi gagal trus y.....

Euis Marlina mengatakan...

yang dimasukkan pada saat koneksi adalah no ip atau domain server mysql di internet yang anda tuju.

yuda mengatakan...

Saya belum mengerti dengan database yang lain tapi saya mau belajar dulu....Makasih banyak ya Mbak.
Salam Sukses.

uth mengatakan...

makasih banget y tutorial singkatnya..sangat membantu saya dlm mengerjakan tugas kuliah bikin web :D

Bayu Idham Fathurachman mengatakan...

Setubuh !!
Saya juga pake MySQLDAC :D

mbahdien mengatakan...

untuk cached updates zeos terjadi bug saat applyupdates(terutama utk transaksi master detail). Coba aja kalo ga percaya.

ravi mengatakan...

salam kenal mbak.,saya kemarin beli buku 10 jenis koneksi delphi ke database,,,akan tetapi pada contoh program semuanya tidak bisa di run,,,tulisannya fatal error file not found:'ZAbstractRODataset.dcu'...lalu apa yang harus saya lakukan??mohon penjelasannya....terima kasih

ravi mengatakan...

salam kenal mbak,,,,saya kemarin membeli buku 10 jenis koneksi delphi ke database, akan tetapi semua contoh program tidak dapat di run..muncul komentar berikut..fatal error file not found :'ZAbstractRODataset.dcu'...mohon penjelasannya,,,terima kasih,,,

dans mengatakan...

saya instal MayDAC pada delphi 7 SO windows Xp, tapi tidak muncul dikomponen pallete, solusinya gimana...

dans mengatakan...

saya nginstal maydac pada delphi7 sukses tetapi tidak muncul pada component pallete

Euis Marlina mengatakan...

To mas Ravi,

File ZAbstractRODataset.dcu adalah file bawaan dari zeos nya yang harus dicopy sendiri ke folder Delphi folder lib yang ada di drive C setelah kita instalasi