Rabu, April 16, 2008

Menghilangkan Spasi Pada Teks di Delphi

Seperti biasa, saya menemukan tips ini ketika saya harus menyelesaikan sebuah kasus. Kali ini, kasus yang saya hadapi yaitu harus menghilangkan spasi yang diketikkan di komponen edit, sebelum disimpan ke database. Oleh karena itu sama mencoba mensimulasikan pada program kecil terlebih dahulu.

Awalnya saya menggunakan fungsi trim(). Karena sepengetahuan saya untuk menghilangkan spasi itu pada beberapa bahasa program, nama fungsinya yaitu trim(). Ketika saya coba ternyata tidak berhasil, spasinya masih ada. Oleh karena itu saya tanya ke kakak tingkat saya yaitu mas Mulyono, mengenai kasus ini.

Akhirnya dia menyarankan untuk menggunakan fungsi stringreplace(). Dan ketika aku coba, ternyata berhasil.

Berikut contoh coding lengkapnya :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
{

Tips dari mas Mulyono -> 16 April 2008
Menghilangkan spasi kosong ditengah-tengah kalimat
fungsi yang digunakan :
StringReplace(stringasal,’ ‘,”,[rfReplaceAll]);

}
Label2.Caption:=StringReplace(Edit1.Text,’ ‘,”,[rfReplaceAll]); ;
end;


Tidak ada komentar:

Ayo Peka! Stop Pembalut Sekali Pakai

  “Saya paling tak suka kalau pegiat lingkungan berteriak betapa sulitnya mengelola sampah pembalut tapi dia sendiri tetap memakainya!“ *** ...