Selasa, April 01, 2008

Menghilangkan atau Mengganti karakter di MySQL

Awalnya saya bingung ketika menemukan kasus yang mengharuskan saya menghilangkan satu kata dari sebuah string. Kalau untuk mengambil karakter, jelas sudah tahu fungsinya seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya. Tapi kalau menghilangkan karakter/kata bagaimana fungsi SQL nya ? Lalu saya tanya ke teman saya, dan akhirnya dia menemukan fungsi yang saya perlukan ini. Fungsi itu adalah replace(string, karakter_yang_akan_dihilangkan/diganti, karakter_pengganti). Agar lebih jelas, saya akan memberikan contoh di bawah ini.

Kasus 1 : Menghilangkan kata Bank dari “Bank Mandiri”, sehingga yang ditampilkan adalah “Mandiri”
Jawab : select replace(’Bank Mandiri’,'Bank ‘,”)

Kasus 2 : Mengganti kata jurusan dari “Jurusan Teknik Informatika” menjadi “Program Studi Teknik Informatika”
Jawab : select replace(’Jurusan Teknik Informatika’,'Jurusan’,'Program Studi’)

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Ayo Peka! Stop Pembalut Sekali Pakai

  “Saya paling tak suka kalau pegiat lingkungan berteriak betapa sulitnya mengelola sampah pembalut tapi dia sendiri tetap memakainya!“ *** ...